Satu Ditambah Satu Tidak Selalu Sama dengan Dua

20

     Dalam hitungan matematika, satu ditambah satu pasti selalu sama dengan dua, namun tidak untuk hitungan ini. Disini minimal satu ditambah satu sama dengan dua puluh tujuh. Hitungan apa sih itu?, satu ditambah satu bisa menjadi dua puluh tujuh?. Hal itu adalah hitungan sholat jama’ah.

       Sholat jama’ah adalah sholat yang dilakukan bersama-sama minimal terdiri dari dua orang. Yang memimpin sholat disebut dengan imam dan yang dibelakangnya disebut makmum. Sholat jama’ah dapat memberikan nilai 27 derajat lebih baik daripada sholat sendiri. Sehingga kita diharapkan selalu mengutamakan untuk sholat berjama’ah daripada sholat sendiri. Hukum dari sholat jama’ah sendiri adalah sunnah muakkad yaitu sholat yang dianjurkan agar dilaksanakan.

    Banyak keutamaan yang akan kita dapatkan jika kita melaksanakan sholat jama’ah, diantaranya sebagai berikut:

  1. Menjadi salah satu cara untuk melakukan syiar kepada masyarakat luas.

Dengan kita sholat jama’ah kita bisa menjadikannya sebagai jalan untuk berdakwah. Adanya sholat jama’ah, dapat memberikan berbagai pendidikan tentang islam sehingga masyarakat akan lebih paham tentang islam.

  1. Mendapat pahala dari langkah kaki yang digunakan untuk ke masjid

Dalam suatu hadist dijelaskan bahwa seseorang yang berjalan untuk ke masjid maka akan diberikan kepadanya satu pahala. Selain itu akan dihapuskan dosanya serta dinaikkan satu derajat disisi Allah SWT.

  1. Mendapat pahala saat menunggu waktu sholat

Ketika kita datang lebih awal ke masjid, kita juga akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang sholat. Hendaknya datang lebih awal dan menunggu waktu sholat dengan memperbanyak dzikir. Selain itu dapat juga digunakan untuk beristirahat daripada hanya menggunjing orang lain di luar bersama teman-teman.

  1. Mendapat doa dari malaikat

Malaikat akan senantiasa mendoakan orang-orang yang menunggu waktu sholat di masjid hingga waktu sholat berjama’ah di masjid.

  1. Mendapat perlindungan di hari kiamat

Terdapat tujuh golongan yang akan dinaungi kelak, salah satunya adalah seseorang yang hatinya selalu dekat dengan masjid. Orang-orang tersebut kelak akan mendapatkan perlindungan di hari akhir.

  1. Terhindar dari sifat munafik

Salah satu ciri orang munafik adalah orang yang selalu menyepelekan sholatnya. Dengan kita selalu melakukan sholat jama’ah di masjid kita akan terhindar dari sifat munafik, terutama sholat subuh dan isya’. Kedua sholat tersebut memiliki banyak keutamaan. Jika kita mengetahui pahalanya, kita tidak akan pernah meninggalkan sholat jama’ah subuh dan juga isya’, terutama bagi seorang laki-laki.

  1. Diampuni dosanya oleh Allah SWT

Sebagaimana dijelaskan pada sebuah hadist bahwasanya saat imam mengucapkan “Ghoiril Magdhubi ‘Alaihim” dan kita mengucapkan aamiin secara bersamaan maka Allah SWT akan mengampuni dosa yang telah lalu.

  1. Meningkatkan rasa disiplin

Seseorang yang mengikuti sholat jama’ah akan mengajarkan kita pada kedisiplinan. Turut serta ataupun setia mengikuti gerakan imam dan berada dibelakangnya dengan begitu akan menghilangkan rasa ego yang kita miliki. Selain itu akan muncul rasa rendah hati serta taat dan patuh kepada imam.

  1. Merekatkan ukhuwah

Semakin kita sering mengikuti sholat jama’ah di masjid, tentunya kita akan sering bertemu dengan banyak orang. Sehingga hal tersebut dapat mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan.

     Banyak sekali manfaat yang akan kita peroleh jika kita mengikuti sholat jama’ah dibandingkan jika kita sholat sendiri. Semoga dengan ini kita bisa semangat lagi dalam menjaga sholat kita serta dapat istiqomah dalam mengikuti sholat jama’ah.