Sepercik Cerita di Mercusuar Yogyakarta

21

        Mungkin ada yang belum tahu di manakah mercusuar Yogyakarta? Mercusuar Yogyakarta berada di daerah pantai Pandansari. Pantai ini terletak di desa Srigading, kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini berada di wilayah selatan Kabupaten Bantul. Jika kita berada di Yogyakarta, kita cukup ke arah selatan menyusuri jalan bantul. Kemudian saat kita sampai di pertigaan pantai Samas kita ke kanan dan ikutilah petunjuk yang ada. Perjalanan menuju ke pantai Pandansari dari Yogyakarta kurang lebih satu jam dan jaraknya sekitar 30 km.

    Pantai Pandansari merupakan pantai yang kurang populer jika dibandingkan dengan pantai yang ada di sebelahnya yaitu pantai Goa Cemara, pantai Samas, dan pantai Baru. Pantai ini masih asri, bersih dan cocok untuk berwisata bahkan sekedar untuk bersantai. Di pantai tersebut pasirnya berwarna coklat kehitaman sehingga kurang cocok untuk bermain pasir serta ombaknya yang cukup besar juga tidak tepat untuk bermain air.

       Namun jangan khawatir, di pantai tersebut ada banyak pohon cemara udang yang siap memanjakanmu. Jadi cocok untuk bersantai dan berlibur bersama keluarga sembari menikmati bekal yang sudah disiapkan dari rumah serta berfoto bersama dengan rindangnya pohon cemara. Di sana juga terdapat agrowisata berupa kebun buah naga, kita bisa langsung menikmatinya dan juga berkesempatan mencoba memetiknya. Buah merah ini bisa juga dijadikan buah tangan untuk keluarga tercinta.

    Nah, ada sesuatu yang sangat unik dari pantai Pandansari ini dan siapa pun yang datang pasti ingin kembali lagi, yaitu ada sebuah menara mercusuar yang berdiri kokoh berwarna putih. Mercusuar ini salah satu bangunan tertinggi di Yogyakarta yang berdiri pada tahun 1997. Mercusuar ini digunakan sebagai pemandu nelayan yang sedang berlayar. Kita juga dapat berkesempatan  masuk dan menaikinya dengan membayar Rp. 5000. Mercusuar ini tingginya kurang lebih 30 meter dan kita dapat masuk serta menaikinya.

      Di dalam mercusuar akan ada ratusan anak tangga melingkar yang akan menunggu kita. Butuh kesabaran serta kekuatan untuk menaikinya hingga pada anak tangga melingkar yang terakhir kita akan dihadapkan pada tangga yang vertikal. Disitulah tantangan kita yang terakhir dan menguji nyali kita. Kadang kala ada seseorang yang sudah sampai anak tangga melinggar yang terakhir, namun karena melihat anak tangga vertikal tersebut mereka kembali turun. Hal itu sangat disayangkan sekali, karena tinggal beberapa langkah lagi kita akan menemui sebuah pemandangan yang begitu indah.

      Namun apabila kita ingin menyelesaikan tantangan yang terakhir, itu adalah pilihan yang terbaik dan kita tidak akan kecewa. Kita di sana akan dihadapkan oleh pemandangan yang sangat indah dan lelah kita akan terbayar sudah. Di situ kita akan melihat dengan seksama hamparan pantai selatan yang begitu menawan. Hamparan pohon cemara yang mengelilingi mercusuar membuat seakan-akan beban pikiran yang sangat menumpuk hilang dan pikiran kita menjadi segar kembali.

         Selain itu, ada sebuah momen yang ditunggu-tunggu yaitu menikmati sunset di mercusuar. Untuk menikmatinya kita bisa datang pada sore hari dan melihat tahap demi tahap matahari terbenam di atas pantai. Langit yang tadinya biru cerah berangsur-angsur menjadi jingga kemerahan membuat kita tertegun melihatnya. Betapa kebesaran Allah menciptakan alam semesta ini dengan sebaik-baiknya. Itulah sepercik cerita di mercusuar Yogyakarta yang akan menemani liburan kita diakhir pekan.