Sistem Motivasi untuk Karyawan di Suatu Perusahaan

45

       Sistem motivasi untuk karyawan yang efektif, akan membawa pemahaman lengkap tentang faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi karyawan. Pemilik perusahaan harus menyadari bahwa kunci untuk meningkatkan produktivitas dan kontribusi karyawan adalah menanamkan tingkat motivasi yang tinggi. Hal ini berlaku tidak hanya untuk masing-masing tenaga penjualan, tetapi juga seluruh tim. Adapun sistem dan cara untuk memotivasi karyawan untuk mempertahankan energi positif yang mengarah pada peningkatan produktivitas, antara lain:

  1. Mendefinisikan Motivasi

Pemilik perusahaan yang memiliki motivasi tinggi pasti akan memiliki karakteristik dalam pekerjaan yang mengarahkan karyawannya untuk memiliki pandangan positif dalam meningkatkan perkembangan perusahaan. Motivasi ini diperlukan terutama saat perusahaan mengalami suatu hambatan tertentu. Karyawan harus tetap termotivasi dan selalu berpikir positif secara konsisten, karena hal ini akan berpengaruh terhadap fokus tujuan dan usaha karyawan untuk tetap prima dalam mengembangkan perusahaan. Pemilik perusahaan yang profesional harus memastikan bahwa setiap karyawan dapat melihat hasil dari perkembangan perusahaan atas hasil kerja keras bersama.

  1. Pentingnya Menetapkan Tujuan

Tujuan merupakan suatu goal yang harus tercipta berdasarkan rancangan dan target yang ditetapkan. Melalui penetapan tujuan yang baik, maka suatu perusahaan dapat dengan jelas melakukan penerapan rencana dan tahapan kerjanya. Pemilik perusahaan harus dapat menciptakan suasana berpikir dan motivasi positif dengan memiliki tujuan spesifik yang dapat dicapai oleh masing-masing karyawannya. Bila tujuan seperti itu terpenuhi, maka karyawan juga berhak atas imbalan sesuai dengan hasil prestasi yang dilakukan. Penting bagi setiap karyawan untuk memahami tujuan dan mencoba melakukan yang terbaik setiap harinya untuk mencapai perkembangan perusahaan yang maksimal. Karyawan harus memiliki umpan balik terus menerus mengenai bagaimana kinerjanya dan saran tentang bagaimana melakukan peningkatan dengan lebih baik.

  1. Penguatan Positif

Penguatan positif merupakan suatu hal yang penting untuk ditanamkan pada setiap karyawan. Hal ini akan berpengaruh baik terhadap kinerja setiap karyawan yang harus anda lakukan demi kelangsungan hidup perusahaan anda. Adapun beberapa contoh dalam memberi penguatan positif untuk karyawan anda yaitu meningkatkan pembayaran berdasarkan kinerja, bonus, serta promosi secara berkala. Namun, ada beberapa yang juga akan memasukkan teknik penguatan negatif. Penguatan negatif Ini melingkupi kritik atau ancaman kehilangan pekerjaan. Semua penguatan negatif biasanya mengikuti kinerja pekerjaan yang buruk. Hal ini biasanya tidak disarankan karena bisa menciptakan suasana negatif dan semangat kerja karyawan menjadi rendah. Untuk itu anda sebagai pemilik perusahaan harus bisa menjaga karyawan anda dalam suasana hati yang positif, sangat termotivasi, serta semangat dalam bekerja.

  1. Teknik Pengakuan dengan Reward

Teknik pengakuan merupakan suatu sistem yang baik untuk dilakukan suatu perusahaan dalam memberikan reward kepada para karyawannya. Kesempatan untuk menerima pengakuan melalui reward bisa menjadi motivator yang sangat kuat bagi kebanyakan karyawan. Pengakuan bisa datang dalam berbagai bentuk termasuk acara penghargaan tahunan, paket liburan, penghargaan uang tunai dan banyak metode reward yang dapat memotivasi lainnya untuk mengakui kesuksesan setiap karyawan. Bahkan karyawan yang mendapat pengakuan atas tindakan kecil akan merasa lebih cenderung untuk mencapai tugas yang lebih sulit. Hal ini tentu saja dengan harapan ingin mendapatkan pengakuan penghargaan secara lebih lanjut. Pemilik perusahaan juga bisa mendorong karyawan untuk menghasilkan output yang maksimal melalui reward yang menjanjikan dan menguntungkan. Setiap karyawan akan termotivasi dengan adanya reward yang diadakan suatu perusahaan. Adanya teknik pengakuan dengan reward ini, karyawan akan lebih bersemangat dalam mengolah kinerja untuk pencapaian yang lebih baik dan maksimal.