Strategi Target Market Perusahaan

436

Pasar adalah tempat dimana pembeli dan penjual bertemu dan berfungsi, barang atau jasa tersedia untuk dijual, dan terjadi perpindahan hak milik. Pada waktu perusahaan memproduksi sebuah barang (barang ekonomi), mengembangkan jasa baru, atau mempunyai pendapat baru untuk mengatasi masalah-masalah sosial, perusahaan mulai mencari pihak lain yang bersedia menggunakan kreasi perusahaan. Jadi perusahaan mempunyai potensi untuk memuaskan pihak lain dengan sesuatu yang perusahaan itu miliki. Sebaiknya, pada waktu perusahaan mempunyai keinginan untuk puas, perusahaan mulai berusaha mencari pihak lain yang bersedia memuaskannya, jadi perusahaan mempunyai potensi untuk menggunakan hasil dari usaha pihak lain.

strategi-target-market-perusahaan

Untuk memilih pasar yang dituju (target market) perusahaan dapat menempuh 3 macam strategi, yakni :

  1. Undifferentiated marketing

Dalam strategi ini, perusahaan mencoba untuk mengembangkan produk tunggal yang dapat memenuhi keinginan semua atau banyak orang. Jadi satu macam produk dipasarkan kepada semua orang, tidak hanya satu atau beberapa kelompok saja. Karena pasar yang dituju bersifat massal, maka teknik pemasarannya pun juga bersifat massal, misalnya menggunakan periklanan massal.

  1. Differentiated marketing

Strategi ini banyak dipakai perusahaan, disini perusahaan mencoba untuk mengidentifikasikan kelompok-kelompok pembeli tertentu (segmen pasar) dengan membagi pasar ke dalam dua kelompok atau lebih. Pada sekelompok pembeli dapat ditawarkan jenis produk yang berbeda dengan kelompok lain. Sehingga satu perusahaan dapat menjual beberapa macam produk. Jadi dalam strategi ini perusahaan berusaha untuk :

  • Memilih sub grup kelompok-kelompok yang akan dilayaninya.
  • Merencanakan produk yang dapat memberikan kepuasan kepada kelompok-kelompok tersebut.
  1. Concentrated marketing

Pada concentrated marketing, perusahaan hanya memusatkan usaha pemasarannya pada satu atau beberapa kelompok pembeli saja. Biasanya, strategi ini ditempuh oleh perusahaan yang tidak berhasil melayani banyak kelompok pembeli, sehingga usaha pemasarannya hanya dipusatkan pada kelompok pembeli yang paling menguntungkan. Sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk yang lebih ideal bagi kelompok tersebut.

Berdasarkan motif pembelian dari pembeli untuk membeli suatu produk dari perusahaan, pasar dapat digolongkan kedalam 5 golongan, yakni :

  1. Pasar konsumen
  2. Pasar produsen/ pasar industri
  3. Pasar penjual/ pasar pedagang
  4. Pasar pemerintah
  5. Pasar internasional

Adapun pedoman pertanyaan mengenai jenis golongan pasar, antara lain :

  • Apa yang dibeli?
  • Mengapa membeli?
  • Siapa yang membeli?
  • Bagaimana membelinya?

Perlu diingat bahwa masing-masing jenis golongan pasar tersebut, terdiri atas orang-orang baik bertindak atas nama pribadi, maupun atas nama lembaga organisasi, dan mereka ini adalah anggota masyarakat yang mempunyai kebutuhan, hak, serta kewajiban sama. Oleh karena itu dapat terjadi bahwa perusahaan yang berada di dalam pasar pemerintah dapat pula bertindak sebagai pasar konsumen, pasar produsen, atau pasar lain pada kesempatan yang lain.