Tahukah Kamu Tanaman Bunga Periuk? Yuk Intip Manfaatnya

111

   Tanaman ini bisa memiliki julukan bunga periuk karena bentuknya menyerupai karangan bunga tertutup atau periuk tertutup yang biasa dikenal sebagai bunga periuk. Sudah taukah kamu bahwa tanaman bunga periuk memiliki banyak manfaatnya? Tanaman bunga periuk banyak orang yang mencari tanaman ini dikarenakan manfaatnya yang cukup banyak. Bahkan tidak sedikit pula industri perdagangan yang mengolah daun bunga periuk sebagai teh kesehatan.

     Daun bunga periuk ternyata memiliki banyak senyawa baik bagi tubuh. Selain buahnya, daun bunga periuk pun memiliki kelebihan manfaat yang baik bagi kesehatan. Karena kini banyak yang mengetahui manfaat dari tanaman bunga periuk, maka banyak negara mulai membudidayakannya. Daun bunga periuk mengandung berbagai senyawa alami yang baik, diantaranya: cumarines, karbohidrat, flavonoid, fixed oil, protein, asam amino, sterols, steroid, glycoside, dan triterpenoids. Selain manfaatnya yang banyak, cara pengolahan untuk mendapatkan manfaatnya pun relatif mudah untuk dijadikan obat herbal. Tanaman ini tidak memiliki efek samping yang membahayakan bagi tubuh jika digunakan dengan dosis yang tepat. Untuk itu tidak ada salahnya mengetahui apa saja manfaat kandungan yang terdapat di daun bunga periuk ini.

    Daun bunga periuk ternyata memiliki manfaat dapat membuat tulang semakin kuat. Bukan tanpa sebab, namun hal itu dapat terjadi karena daun bunga periuk memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat memperkuat tulang. Selain tulang kamu dapat menjadi kuat, juga lebih padat dan terhindar dari resiko pengeroposan. Ada baiknya mengonsumsi daun bunga periuk ini secara teratur untuk mendapatkan tulang yang semakin kuat, hal ini difungsikan juga sebagai pengganti susu. Tidak hanya dapat memperkuat tulang, namun ternyata daun bunga periuk juga bermanfaat mencegah penyebaran sel kanker. Hal itu dikarenakan daun bunga periuk mengandung antioksidan tinggi, sehingga sangat cocok untuk penderita kanker untuk mendapatkan kesembuhan.

Kandungan antioksidan mampu mencegah efek buruk dari radikal bebas yang dapat menyebar ke seluruh tubuh. Cukup rutin mengkonsumsi daun bunga periuk ini dan olah raga rutin maka akan membuat jantungmu sehat. Kandungan zat yang terdapat di daun bunga periuk dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan obesitas. Daun bunga periuk juga berfungsi untuk menormalkan nafsu makan, karena kandungan dari daun ini mampu mengendalikan hormon-hormon pencernaan. Dari adanya manfaat ini, daun bunga periuk juga cocok dikunsumsi bagi anak-anak ataupun orang dewasa pada umumnya yang memiliki masalah nafsu makan.

    Khasiat lain dari daun bunga periuk yaitu dapat digunakan sebagai pengobatan sesak nafas bagi penderita asma menahun. Cara pembuatannya pun mudah, cukup direbus dengan air hingga mendidih dan minum air rebusan ini sebanyak dua kali sehari, sehingga asma berangsur angsur membaik. Tanaman ini juga memiliki sifat anti bakteri yang ampuh melawan bakteri dalam tubuh, terutama pada saluran pencernakan. Kandungan senyawa pada daun bunga periuk juga bermanfaat untuk mengatasi kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kandungan zat besi pada daun bunga periuk ini sangat baik untuk mencegah anemia. Seperti yang kita ketahui bahwa zat besi merupakan jenis senyawa baik untuk menambah sel darah merah dalam tubuh agar terhindar dari anemia.

      Itulah beberapa manfaat dari kandungan tanaman bunga periuk, dari banyaknya manfaat tanaman ini dapat disimpulkan bahwa tanaman bunga periuk ini cocok dikonsumsi berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga manula. Tidak ada salahnya mencoba dan merasakan manfaat tanaman bunga periuk yang sangat banyak manfaatnya ini.