Teknik Memaksimalkan Jaringan Wireless

132

Teknik Memaksimalkan Jaringan Wireless

Sebagai seorang administrator jaringan, mungkin Anda tidak asing mendengar istilah Wireless Network. Jika Anda berkeinginan untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan jaringan wireless, baik di lingkungan sekolah maupun kantor, ada beberapa teknik yang dapat Anda gunakan. Adapun pedoman memperkuat jaringan wireless tersebut dapat Anda temukan dalam penjelasan di bawah ini.

Wireless Router Harus Ditempatkan Tepat di Tengah-tengah Lokasi

Memang sudah semestinya Anda meletakkan wireless router tepat di tengah-tengah ruangan atau suatu area terbuka yang ingin Anda jangkau. Jika memang hal tersebut sangat tidak memungkinkan, sangatlah disarankan untuk dapat menempatkannya pada area yang terbuka. Anda nantinya perlu menambahkan beberapa peralatan lainnya yang difungsikan memperkuat sinyal wireless router.

Tempat yang Digunakan Harus Cukup Tinggi dan Jauh Dari Bahan Metal

Baik bahan metal, lantai maupun dinding pada dasarnya akan menggangu sinyal wireless router Anda. Perlu Anda perhatikan, penting untuk menjauhkan wireless router dari semua benda berbahan metal maupun dinding dan lantai sebagaimana yang sudah dijelaskan. Karena ketika berdekatan dengan salah satu diantaranya hanya akan menjadikan sinyal wireless router lemah dan terganggu penerimaannya di laptop maupun perangkat lain yang terhubung dengan sinyal wireless tersebut.

Perhatikan Penggunaan Antena Wireless

Lebih baik gunakan antena bawaan perangkat wireless router yang Anda gunakan. Pasalnya, antena asli bawaan ini sendiri memang sengaja di desain omni directional. Dimana artinya sinyal dapat dipancarkan ke semua penjuru arah. Namun, jika Anda berencana untuk mengarahkan sinyal hanya ke satu arah saja, maka Anda dapat menggunakan antena arahan atau antena hi-gain.

Tukarkan Wireless Network Adapter ke Komputer

Prinsip dari sinyal wireless network yang dapat dikatakan baik adalah ketika mengirimkan sekaligus juga mampu menerima sinyak dari atau ke komputer. Terkadang perangkat wireles komputer yang mungkin Anda gunakan tidak dapat melakukan hal tersebut dengan cukup baik. Baik karena menggunakan antena dengan tipe hi-gain yang menyebabkan sinyal tidak dapat dibalikan menuju yang benar. Sementara saat Anda menggunakan jenis yang benar-benar tepat, Anda sudah tidak perlu lagi melakukan langkah ini.

Menambahkan Wireless Repeater

Penting untuk Anda ketahui bahwa wireless repeaters dimanfaatkan menambah jangkauan jarak antara sinyal yang sudah dihasilkan oleh wireless router dengan tidak perlu lagi menambahkan kabel. Jika Anda memiliki area yang tergolong cukup luas, lebih baik menambahkan wireless repeater. Dengan demikian sinyal yang dihasilkan juga akan semakin maksimal.

Memilih Channel Paling Tepat Bagi Wireless Router

Perangkat Wireless router terkadang menghasilkan sinyal yang terganggu maupun berhadapan dengan interferen yang berasal dari Radio Amatir maupun perangkat sejenisnya. Umumnya channel wireless menggunakan 1, 6 serta 11. Saat ini waktunya Anda mengubah perangkat Anda ke salah satu channel tersebut. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi mengubah konfigurasi atau pengaturan dari perangkat yang sedang terhubung di laptop atau komputer. Mengingat secara otomatis sudah dapat terdeteksi.

Memperkecil Interferensi Sinyal Wireless

Ketika Anda menemukan adanya banyak pengguna cordless phone maupun perangkat eletronik lainnya yang juga menggunakan sinyal di sekitar Andam maka Anda perlu memastikan bahwa perangkat milik Anda dapat berjalan pada frekuensi kisaran 2.4 GHz. Umumnya biasanya corless phone memanfaatkan frekuensi 5.8 GHz atau sekitar 900 MHz.

Demikian beberapa cara sederhana yang dapat mulai Anda coba terapkan demi memaksimalkan sinyal dari wireless router yang Anda gunakan.