Tips Belanja Barang Seserahan Pernikahan

381

        Tradisi seserahan merupakan salah satu rangkaian wajib diantara banyaknya rangkaian acara dalam pernikahan baik modern maupun tradisional. Seserahan merupakan bentuk simbol tanggung jawab calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita. Seserahan juga dikenal sebagai acara hantaran jawa dalam tradisi jawa. Pada prosesi ini pihak calon pengantin pria datang kepada pihak calon pengantin wanita dengan membawa hantaran yang menjadi hadiah pernikahannya. Untuk jenis barangnya berbeda-beda dan disesuaikan dengan adatnya.

       Pada masa lalu, semakin banyak jumlah seserahan yang diberikan kepada calon pengantin wanita akan semakin menunjukkan tingginya status sosial calon pengantin pria. Namun dengan perkembangan jaman yang semakin modern serta terkendala minimnya budget maka terkadang beberapa jenis hantaran seserahan dipangkas dan disesuaikan dengan budget yang ada. Berikut ini tips yang dapat membantu kamu dalam berbelanja barang seserahan agar lebih efisien dan ekonomis.

  1. Atur budget kamu

Ketika kamu akan membeli barang-barang untuk seserahan, ada baiknya kamu perlu menetapkan budged anggaran. Buatlah perencanaan anggaran untuk seserahan dan sesuaikan barang yang akan dibeli dengan budget yang ada (kecuali budget kamu unlimited). Seserahan bukan segalanya, sehingga masih banyak kebutuhan lain yang perlu kamu siapkan setelah menikah. Lebih baik lagi apabila sebelum berbelanja kamu melakukan survey tempat membeli perlengkapan yang murah.

  1. Buatlah daftar barang yang dibutuhkan

Pilihlah barang seserahan yang sekiranya dibutuhkan, bukan barang yang hanya diinginkan atau terlihat cantik semata. Sehingga nantinya barang seserahan ini dapat terpakai nantinya. Daftar barang/ list ini juga bermanfaat ketika mengkroscek kembali masih ada barang yang belum terbeli atau sudah terbeli. Sehingga nantinya ketika barang sudah terkumpul, kamu tinggal memilah dengan mudah dan tidak ada yang terlewat.

  1. Carilah referensi dan review produk sebanyak-banyaknya

Sangat penting untuk kamu mengetahui bagaimana review masing-masing produk yang akan kamu beli, khususnya untuk barang-barang yang belum pernah kita pakai sebelumnya seperti kosmetik contohnya. Banyak-banyaklah membaca review tentang produk tersebut dan belilah bila dominan reviewnya bagus/ baik.

  1. Luangkan waktu untuk berbelanja

Jangan pernah untuk terburu-buru dalam berbelanja supaya apa yang kamu beli dapat tepat guna. Tapi juga jangan terlalu banyak pertimbangan, karena jatuhnya kamu gak kan kelar-kelar belanjanya.

  1. Manfaatkan belanja online

Belanja online bisa kamu manfaatkan untuk menghemat budget. Namun jangan lupa pastikan barang yang kamu beli dari seller terpercaya. Pintar-pintarlah dalam memilih barang online.

  1. Manfaatkan diskon dan special price

Ini merupakan favorite banyak wanita. Tidak heran banyak wanita memanfaatkan moment ini. Banyak-banyaklah mencari info diskon/ special price di beberapa tempat. Hal ini bermanfaat untuk menghemat budget. Pastikan kualitas barang yang kamu pilih baik ya.

  1. Mintalah pendapat orang lain dalam berbelanja

Apabila kamu bingung untuk belanja sendirian, mintalah orang terdekat untuk menemani dalam berbelanja sehingga kamu bisa meminta bantuan memberi masukan. Meskipun begitu, keputusan terakhir tetap ditangan kamu.

  1. Jangan mudah tegoda

Terkadang ketika kita cuma akan mencari barang A, B, C, namun kita melihat barang D sedang diskon. Janganlah terburu-buru untuk membeli. Ada baiknya kamu cek dulu barang tersebut kamu butuhkan atau tidak. Ketika kamu sudah membeli A, B, C dan masih ada sisa budget barulah kamu boleh beli barang D.

  1. Rencanakan desain bentuk seserahan

Setelah kamu mendapatkan barang-barang yang kamu butuhkan, rencanakan bagaimana kamu akan mengemasnya. Apabila kamu berniat untuk mengemas/ membungkus sendiri jangan lupa untuk belanja hiasan kotak hantaran/ seserahannya.