Tips Cara Efektif Berhenti Merokok

27

Tips Cara Efektif Berhenti Merokok

       Seperti yang kita ketahui bahwa merokok merupakan salah satu perilaku buruk yang dapat merugikan kesehatan, pelan namun pasti. Banyak pengguna rokok berusaha berhenti merokok namun sayangnya hanya sedikit yang dapat berhasil. Salah satu alasan sulitnya berhenti merokok adalah karena tembakau memiliki sifat nikotin yang seperti candu.

Cara Efektif Berhenti Merokok

Lalu bagaimana cara efektif untuk berhenti merokok? Berikut beberapa cara yang dapat dicoba:

  1. Menggunakan terapi pengganti nikotin

Terapi yang dimaksud disini adalah berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan beberapa alternatif jalan keluar seperti penggunaan inhaler nikotin atau obat tertentu seperti bupropin dan varenicline.

  1. Menghindari pemicu keinginan merokok

Salah satu cara dapat berhenti merokok adalah mengenali situasi yang memicu keinginan untuk merokok. Kebanyakan orang akan mulai merokok saat berada ditempat tertentu seperti bar atau pesta. Keinginan lain juga ketika seseorang dihadapkan pada situasi stres atau sedang minum kopi. Alihkan keinginan itu dengan berbagai macam cara untuk menghindarinya, atau lakukan aktifitas lain untuk menghindari keinginan merokok tersebut.

  1. Mengunyah sesuatu

Jangan membiarkan mulut dalan keadaan diam menganggur. Kunyahlah sesuatu seperti permen karet atau lainnya. pilihlah sesuatu yang sehat, renyah dan menyenangkan.

  1. Jangan biarkan diri terbujuk

Jangan biarkan diri anda terbujuk hanya untuk menghisap 1 batang rokok. Karena sifat candu pada rokok dapat membatalkan niatan anda untuk berhenti. Banyak kasus, ketika menghisap 1 batang rokok akan menuntun banyak hisapan batang rokok selanjutnya, sehingga niatan anda akan gagal.

  1. Olah raga

Olah raga dapat menjadi alternatif mengalihkan perhatian untuk mencegah merokok. Namun apabila anda didalam ruangan seperi rumah ataupun kantor anda dapat melakukan gerakan sederhana seperti push up, lari ditempat, naik turun tangga dan sebagainya. Cobalah hobi yang dapat mengalihkan perhatian dari keinginan untuk merokok.

  1. Relaksasi

Merokok juga merupakan tempat pelarian ketika seseorang merasa stres. Jika menahan diri untuk tidak merokok dapat membuat stres, coba lakukan relaksasi. Berlatihlah pernafasan, relaksasi otot, yoga, pijat, ataupun mendengarkan musik yang dapat menenangkan jiwa.

  1. Menyadari bahwa hari pertama memang sangat berat.

Pada hari-hari pertama ketika memutuskan untuk berhenti merokok memang sangat berat, merasa depresi , tidak bersemangat dan tidak enak badan. Hal ini wajar dan janganlah khawatir. Seiring waktu berlalu, anda kan merasakan normal kembali.

  1. Memberi apresiasi pada diri sendiri

Menahan untuk tidak merokok merupakan suatu tindakan yang sangat sulit dan tidak mudah. Ketika anda telah berhasil melewatinya, jangan segan untuk mengapresiasi diri sendiri. Misalnya dengan membeli satu cup es krim yang anda inginkan.

  1. Ketika kembali merokok kembali

Sebagian orang yang telah berusaha berhenti merokok mengalami kambuh lagi. hal tersebut sangat normal, sehingga jangan menghukum diri sendiri apalagi langsung menyerah. Yang perlu anda lakukan adalah setelah anda berhenti merokok sekian lama dan kembali merokok lagi, maka cobalah merokok sejarang mungkin hingga anda siap untuk benar-benar berhenti merokok. Berhenti merokok memang membutuhkan waktu, jadi anda pasti sanggup melakukannya. Yang terpenting selalu bulatkan tekat dan niat.

  1. Ingatlah motivasi anda

Selalu ingatlah motivasi anda untuk dapat berhenti merokok. Entah itu ingin kembali hidup sehat, ingin menjadi seseorang yang jauh lebih baik, atau dalam rangka penghematan. Namun apapun itu alasannya, selalu ingatlah motivasi dalam diri anda. Hal ini dapat menjadi cara berhenti merokok yang efektif. Jangan pernah menyerah dan tetaplah membulatkan tekat untuk dapat berhenti merokok.

TINGGALKAN KOMENTAR