Tips Cara Meminimalisir Bagi Anda si Pelupa

8

            Lupa adalah suatu keadaan dimana kita tidak ingat terhadap sesuatu yang kita pelajari atau alami. Lupa adalah salah satu sifat dari kewajaran manusia. Lupa merupakan hal yang tidak bisa dipungkiri oleh siapapun. Baik anak kecil, remaja, serta orang tua pasti pernah merasakan yang namanya lupa entah lupa menaruh sesuatu dan masih banyak lagi. Terkadang ada lupa yang sampai pada tahap keterlaluan, yaitu yang kita sendiri benar-benar sama sekali tidak ingat. Lalu bagaimana mengatasi lupa dalam diri?

           Pertama, sebaiknya anda harus cukup istirahat atau jangan sampai kurang tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan otak dan syaraf anda tidak mendapatkan asupan istirahat yang cukup akibatnya anda akan mudah cemas, lupa dan lain-lain. Selain itu juga ketika anda hendak tidur sebaiknya jangan terlalu berlebihan bermain handphone. Hal ini juga dapat menjadi penyebab anda sering lupa.

           Kedua, jauhilah rokok, baik si perokok aktif maupun perokok pasif, rokok sangat berbahaya bagi kesehatan terutama bagi kemampuan memori dalam mengingat. Sehingga semakin banyak dan sering anda merokok, maka lama kelamaan akan timbul efek sampingnya. Salah satunya adalah anda sering lupa dan tidak mudah berkonsentrasi. Selain itu kurangi gaya hidup yang terforsir dengan kesibukan. Jika anda terlalu sibuk dan dalam sehari anda terlalu banyak menerima informasi yang berlebihan, maka hal itu juga akan menjadikan anda pelupa. Boleh melakukan aktivitas dan kesibukan, tapi sebaiknya masih dalam tahap wajar, karena tubuh kita sendiri butuh yang namanya istirahat.

            Ketiga, hindari makanan yang banyak mengandung MSG. Selain itu juga kurangi mengkonsumsi junk food, makanan yang banyak mengandung lemak dan banyak mengandung kolesterol. Terlalu banyak memakan makanan yang mengandung lemak dan kolesterol dapat menyebabkan terganggunya peredaran darah ke syaraf otak. Untuk itu jangan lupa mengkonsumsi buah-buahan seperti apel, buah jeruk dan buah anggur. Selain itu perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti bayam, brokoli, alpukat, minyak zaitun dan kacang hijau. Hal tersebut penting, karena vitamin E baik untuk peningkatan kerja di otak. Perbanyak juga olahraga seperti jogging ataupun olahraga yang lainnya. Karena jika anda berolahraga secara teratur maka aliran oksigen ke otak juga lancar.

            Keempat, cara yang begitu sederhana bagi anda si pelupa adalah jangan lupa gunakan buku catatan. Sebisa mungkin bawa buku catatan tersebut kemanapun anda pergi. Tulis di buku catatan tersebut apa yang sekiranya penting bagi anda. Sehingga jika anda lupa, anda bisa membuka kembali buku catatan, pikiran anda pun juga tidak begitu terbebani dengan mengingat suatu hal. Selain itu juga banyak aplikasi-aplikasi smartphone yang bisa dijadikan sebagai pengingat seperti alarm dll. Bisa juga anda meminta tolong orang terdekat anda untuk mengingatkan suatu hal. Namun jangan terlalu sering meminta bantuan orang lain untuk terus mengingatkan anda. Karena orang terdekat anda juga akan merasa bosan dan terbebani apabila setiap hari anda memintanya untuk selalu mengingatkan anda.

          Kelima, rajinlah membaca buku, dengan anda sering membaca buku hal tersebut dapat menurunkan risiko kehilangan memori. Orang yang pelupa biasanya juga mempunyai rasa panik yang cukup tinggi. Sehingga sulit untuk berpikir jernih ataupun mengingat-ingat kembali suatu hal yang terlupa. Sehingga jika anda sedang merasakan kebingungan karena lupa, cobalah untuk tenang terlebih dahulu, lalu tarik nafas panjang, kemudian buang. Optimislah bahwa anda akan kembali mengingat suatu yang terlupa tersebut, serta biasakan fokus saat melakukan suatu hal agar nantinya tidak mudah lupa.