Tips Hemat Menyelenggarakan Resepsi Pernikahan

209

       Hari pernikahan merupakan impian bagi banyak pasangan yang ingin meresmikan hubungan mereka. Setelah menggelar akad pernikahan, tidak sedikit pasangan yang menggelar acara resepsi pernikahan. Resepsi ini merupakan acara pesta pernikahan yang dihadiri oleh tamu undangan yang mempunyai tujuan mengumumkan bahwa pasangan tersebut telah resmi menikah serta sebagai ungkapan suatu syukur dan kebahagiaan.

     Biasanya keluarga dari pengantin telah menyiapkan hidangan makan dan minum hingga dokumentasi. Untuk di daerah perkotaan yang mayoritas warganya sibuk bekerja, biasanya mereka menggunakan jasa wedding organizer, sehingga semua keperluan yang dibutuhkan telah dipersiapkan oleh jasa tersebut. Namun biasanya dengan menggunakan jasa wedding organizer juga menambah dana yang harus keluar untuk biasa resepsi pernikahan. Lalu bagaimana cara untuk menghemat anggaran pernikahan? Berikut ini beberapa cara menghemat anggaran resepsi pernikahan.

  1. Batasi Jumlah Tamu Undangan

Mengundang seluruh anggota keluarga dan kerabat memang sangat baik, namun kita juga perlu mengingat bahwa semakin banyak jumlah orang yang hadir maka biaya yang harus dikeluarkan juga semakin banyak. Untuk itu, batasi jumlah tamu undangan untuk dapat menghemat anggaran pernikahan. Cobalah memilih teman dan keluarga yang benar-benar dekat saja. Di samping itu pula tidak perlu kamu membuat kartu undangan dengan bahan yang mahal. Karena biasanya undangan hanya akan dibaca sekali dua kali kemudian dibuang oleh tamu undangan. Pilihlah undangan dengan desain sederhana namun cukup layak dan elegan.

  1. Mencari Vendor Catering

Pada umumnya biaya untuk makanan acara pernikahan merupakan alokasi yang paling besar. Meskipun begitu, jangan menomor duakan kualitas. Cobalah vendor catering dari teman atau keluarga sehingga kamu bisa mendapatkan special price.

  1. Menyewa Baju Pengantin

Bila kamu ingin menghemat biaya pernikahan, ada baiknya kamu menyewa pakaian pengantin. Dengan menyewa pakaian penganting secara lengkap, hal ini dapat memangkas anggaran resepsi yang dapat dialokasikan untuk biaya kebutuhan lainnya. Bandingkan dengan menjahit baju sendiri maka akan membutuhkan ongkos jahit yang lebih besar. Lagipula biasanya pakaian pengantin juga hanya akan dipakai sekali saja. Apabila kamu ingin menghemat anggaran lagi, kamu bisa manfaatkan persewaan jasa baju acara pengantin untuk keluarga juga. Tapi hal ini perlu kamu diskusikan terlebih dahulu dengan keluarga. Jangan sampai niat untuk menghemat namun menjadi dianggap kurang hormat.

  1. Resepsi Pernikahan dengan Konsep Outdor

Dengan konsep outdoor, kamu bisa menghemat biaya sewa gedung dan dekorasi. Kamu tidak perlu mendekor heboh ruangan. Asal properti yang dipakai unik, pestamu akan tetap dikenang. Kamu bisa bekerja sama dengan teman yang hobi seni dalam menghiasnya. Selain itu pilihlah siang hari daripada malam hari.

  1. Manfaatkan Keahlian Teman

Jika kamu memiliki teman yang jago MC mintalah dia untuk mengisi acara sebagai MC diacara pernikahanmu. Selain itu, kamu juga bisa minta tolong teman-temanmu ataupun saudaramu yang pintar atau biasa menyanyi untuk mengisi hiburan diacara resepsi pernikahanmu. Selain dapat menghemat anggaran untuk hiburan, kamu juga memberikan kesempatan pada teman untuk menunjukkan hobi dan bakatnya. Juga untuk fotografer dan videografer, kamu bisa minta bantuan teman yang hobi dengan fotografer.

  1. Pemilihan Souvenir

Dalam memilih souvenir pernikahan, tidak perlu memilih barang yang mahal dan ingin terlihat wow. Cukup carilah yang kira-kira dapat bermanfaat dengan harga yang terjangkau. contohnya: kipas, pouch, gelas, mangkuk ataupun bibit tanaman. Kamu cukup menambahkan cara pengemasan yang baik dan unik. Souvenir pernikahanmu akan lebih terkesan apabila dapat bermanfaat bagi tamu undangan. Selain itu pesanlah souvenir jauh-jauh hari.