Tips Kulit Wajah Sehat dan Segar

134

Anda pasti tahu benar bahwa kesehatan adalah salah satu hal utama yang perlu Anda miliki dalam kehidupan ini, tak terkecuali adalah bagian kulit, khususnya kulit wajah. Bagi Anda yang sangat memperhatikan betul masalah wajah pasti terkadang akan merasa terganggu bila menjumpai kulit wajah Anda memiliki beberapa permasalahan seperti flek hitam, kulit yang terlihat kusam dan tidak segar, wajah yang terlihat lelah, garis halus wajah yang semakin terlihat, dan masih banyak lagi. Lalu apa yang lantas akan Anda lakukan? Haruskah Anda pergi ke dokter perawatan wajah yang terkenal mahal itu? Tidak, masih ada beberapa cara yang mudah dan dapat Anda lakukan sehari – hari untuk mengurangi hal – hal kurang menyenangkan dari kulit wajah Anda.

5-tips-kulit-wajah-sehat-dan-segar

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara satu ini mungkin memang sudah Anda biasa dengar di kehidupan sehari – hari, namun hal ini memang terbukti jitu dan cukup membantu kulit Anda terutama kulit wajah agar selalu terlihat segar dan terhindar dari rasa kering pada wajah. Air yang kaya akan nilai kandungan mineral memang terbukti ampuh untuk menjaga keremajaan kulit. Air ini nantinya akan membantu kulit wajah Anda dari kulit kusam akibat lelah dan juga stress. Selain ampuh untuk menghindari dari stress kulit, air putih juga memberikan manfaat jangka panjang yaitu membantu dari adanya proses penuaan kulit seperti keriput.

Agar Anda terbiasa meminum air putih dengan jumlah yang cukup, mulailah dengan meminum air putih secara berkala di tiap keseharian Anda dengan jumlah yang tetap.

Kurangi Makanan dengan Kandungan Gula

Di antara kita pasti banyak menyukai makanan yang manis seperti kue coklat, kue brownies, coklat, ice cream nan manis, dan sebagainya. Namun tahukah Anda kadar kandungan gula yang ada di dalam makanan – makanan manis ini sedikit banyak ternyata bisa mempengaruhi kesehatan kulit Anda loh! Untuk itu, pastikan Anda mulai mengurangi porsi makan makanan manis dan menggantinya dengan makanan sehat seperti buah – buahan maupun olahan sayur. Makanan yang mengandung gula ini ternyata memiliki kelemahan dimana akan mengurangi tingkat keelastisan dari kukit wajah Anda serta mengurangi tingkat kolagen pada kulit wajah, oleh karena itu lebih baik mulai sekarang kurangi asupan makanan manis Anda ya.

Perawatan Rutin di Rumah

Untuk melakukan perawatan kulit wajah tak melulu harus mengunjungi klinik kecantikan loh, Anda hanya perlu melakukan perawatan wajah yang rutin di rumah agar didapat hasil yang optimal. Seperti biasa rutinlah untuk mencuci wajah Anda setidaknya dua kali sehari, jangan terlalu sering mencuci wajah karena dikhawatirkan dapat merusak lapisan kulit wajah Anda yang paling luar. Meskipun begitu, jika memang benar – benar kulit wajah Anda sudah terpapar polusi seharian maka jangan segan – segan untuk segera mencuci wajah Anda. Lakukan mencuci wajah dengan air yang dingin agar pori – pori Anda dapat dibersihkan dengan sempurna, jangan lupa keringkan wajah setelahnya agar wajah Anda memiliki kelembaban yang pas.

Gunakan Masker Alami

Nah, agar wajah Anda semakin terhindar dari adanya tanda – tanda kulit kusam, cobalah untuk melakukan masker wajah setidaknya satu minggu sekali. Masker ini akan bermanfaat bagi wajah Anda bila dilakukan secara rutin. Pilihlah masker yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda. Jangan sekali – kali menyamakan jenis masker antara kulit wajah yang normal, berminyak, kering, kombinasi, maupun sensitif karena kebutuhan masing – masing jenis kulit wajah bisa berbeda – beda.