Tips Menghemat Listrik Dikehidupan Sehari-Hari

35

Tips Menghemat Listrik Dikehidupan Sehari-Hari

     Berada di era yang serba modern menjadikan kita manusia yang memiliki ketergantungan terhadap listrik. Tidak dapat dipungkiri, dengan hadirnya gadget membuat kebutuhan listrik semakin meningkat. Kita menyadari ketergantungan terhadap sumber daya alam ini begitu besar dan tidak menutup kemungkinan suatu saat akan habis. Apabila itu terjadi kita akan mengalami kesulitan untuk dapat beraktifitas. Meskipun saat ini telah ditemukan berbagai alternatif energi untuk menggantikan posisi sumber daya alam seperti listrik dan bahan bakar kendaraan, namun jumlah alternatif ini masih tergolong sedikit dan belum ada perusahaan yang memproduksinya dan menjual ke masyarakat pada umumnya.

        Mengingat bahwa ketersediaan energi listrik ini terbatas, sementara kebutuhan kita tiada batas, maka kita perlu meminimalisir penggunaan listrik. Sebagai manusia yang bijak, kita perlu mengetahui bagaimana tips dalam berhemat listrik dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini tips yang dapat kita lakukan:

  1. Mencabut Kabel Dari Saklar Saat Tidak Digunakan

Tips Menghemat Listrik Dikehidupan Sehari-Hari_1

Saat peralatan didak digunakan, jangan membiarkan peralatan terpasang pada saklar. Ketika anda merasa tidak perlu menggunakan listrik, hindari meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih berada di saklar meski dalam keadaan off atau mati. Taukah anda, meskipun berada diposisi off atau mati, kabel yang masih tertancap pada saklar tetap mengalirkan listrik pada kabel peralatan elektronik. Listrik akan terbuang sia-sia dan anda harus membayar tagihan listrik yang terbuang percuma itu. Ada baiknya cabutlah kabel peralatan elektronik dari saklar untuk memutus daya listrik yang mengalir dan terbuang sia-sia itu.

  1. Matikan Lampu Ketika Tidak Dipakai

Tips Menghemat Listrik Dikehidupan Sehari-Hari_2

Siasati kebutuhan penerangan rumah dengan menggunakan lampu pada saat yang benar-benar butuh. Manfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama ketika siang hari. Selain itu, gunakanlah lampu hemat enargi yang hanya menggunakan jumlah kebutuhan listrik yang relatif sedikit.

  1. Menggunakan AC Seperlunya

Tips Menghemat Listrik Dikehidupan Sehari-Hari_3

Saat ini cukup banyak rumah-rumah menggunakan AC sebagai pendingin ruangan. Padahal mesin pendingin ini bekerja dengan menggunakan listrik lebih banyak jika dibandingkan alat elektronik lainnya. Pilihlah AC yang hemat energi dengan kemampuan menaikkan suhu atau off secara otomatis ketika ruangan sedang ada sedikit orang atau justru tidak ada orang. Sesuaikan suhu dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada.

  1. Mematikan Elektronik Saat Tidur

Tips Menghemat Listrik Dikehidupan Sehari-Hari_4

Jangan membiasakan diri membiarkan peralatan elektronik masih dalam keadaan hidup atau menyala ketika tidur. Matikanlah lampu ketika anda sedang beristirahat, selain dapat menghemat juga dapat merilekskan tubuh anda sehingga dapat beristirahat lebih baik. Jangan meninggalkan gadget anda masih dalam keadaan mengisi daya dan anda memutuskan untuk tidur. Hal tersebut selain dapat menjadi penyebab pembengkakan tagihan listrik juga menyebabkan baterai menggembung hingga bocor. Dan jangan pula meninggalkan TV masih dalam keadaan menyala, ketika anda memutuskan untuk tidur.

  1. Menggunakan Tagihan Listrik Sistem Pulsa

Tips Menghemat Listrik Dikehidupan Sehari-Hari_5

Dengan membatasi penggunaan listrik menjadi salah satu cara dalam menghemat listrik. Penggunaan sistem pulsa listrik dapat membantu dalam menekan pengeluaran tagihan listrik. Listrik pulsa dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Listrik pulsa dapat membantu anda lebih bijak dalam penggunaan listrik. Ketika pulsa listrik habis, maka secara otomatis semua aliran listrik yang ada di rumah akan terputus (mati). Sistemnya seperti handphone prabayar, sehingga anda dapat menghitung kebutuhan dan mengevaluasi apa saja barang yang bisa dieliminasi dari pemakaian listrik yang berlebihan. Selain dapat berhemat listrik, juga dapat menghemat tagihan, sehingga dana dapat dialokasikan pada kebutuhan lain yang lebih penting.