Tips Mengobati Insomnia Akut Secara Alami

26

Tips Mengobati Insomnia Akut Secara Alami

Bagi banyak orang, insomnia termasuk penyakit gangguan tidur yang secara tidak langsung merugikan penderitanya. Jika Anda mengalami gangguan serupa, tak ada salahnya menyimak informasi berikut.

insomnia
www.insomnia.net

Penyebab penyakit

Insomnia dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya:

  1. Stres psikologis

Pada sebagian orang, stres psikologis yang disebabkan oleh banyaknya masalah di tempat kerja maupun masalah keluarga menjadikan orang yang bersangkutan mengalami gejala kecemasan yang berakibat pada kurangnya waktu tidur.

2. Stres fisik

Selain stres psikis, stres fisik juga mampu menjadi pemicu seorang wanita maupun pria mengalami gejala insomnia akut. Salah satu contoh sederhananya adalah pada saat seseorang melakukan olahraga berlebihan yang menjadikan tubuhnya terlalu lelah tetapi tidak mampu memaksa organ tubuh untuk beristirahat. Contoh lainnya adalah ketika ada seseorang yang berperan sebagai pekerja memaksa diri untuk menyelesaikan tugasnya (lembur) sebelum beristirahat.

3. Efek samping obat

Setiap orang memiliki tingkat toleransi yang berbeda dalam hal penyerapan senyawa obat. Hal inilah yang terkadang menjadikan seseorang tidak tahan terhadap gejala efek samping yang diberikan jenis obat tertentu.

4. Gaya hidup

Ketika seorang wanita maupun pria memiliki gaya hidup yang membuat waktu istirahatnya tidak teratur, efek samping yang akan diderita adalah terganggunya waktu istirahat tubuh dan secara tidak langsung organ tubuh mengalami kebingungan untuk mengirim sinyal yang berhubungan dengan penanda waktu istirahat

5. Ketidaknyamanan ruang istirahat

Faktor penyebab lain yang membuat seseorang dapat terserang gejala insomnia akut adalah ketidaknyamanan ruang istirahat. Misalnya saja, saat kamar yang biasa digunakan untuk istirahat sangat bising maupun menggunakan alas tempat tidur dari busa keras yang membuat suasana tidur tidak nyaman.

Gejala insomnia

Dari berbagai penyebab diatas, ada beberapa tahapan gejala yang bisa dipelajari, seperti perasaan cemas, sering terbangun di malam hari, susah tidur dalam jangka waktu cukup lama, mudah lelah, mengantuk, pusing, hilang keseimbangan, dan daya konsentrasi otak yang terganggu.

Pengobatan Insomnia

Setelah mengetahui penyebab dan gejala penyakit insomnia akut, berikut adalah metode pengobatan secara alami yang bisa diterapkan, seperti:

  • Mengurangi maupun menghindari rokok dan kopi

Berbagai gejala insomia bisa dikurangi pada saat Anda berhasil terhindar dari asap rokok maupun pengaruh kafein yang ada pada kopi. Dalam hal ini, metode yang bisa diterapkan adalah menghilangkan kebiasaan minum kopi dan memakai msker untuk aktivitas diluar rumah.

  • Mengatur jadwal kegiatan

Pastikan Anda mengatur jadwal kegiatan yang ditempuh per hari agar nantinya Anda memiliki waktu perkiraan istirahat yang teratur pula setiap harinya.

  • Menambah asupan makan kaya zat besi

Jika ingin terhindar dari resiko insomnia akut, pastikan Anda menambah asupan makanan yang kaya mineral zat besi dan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak. Dengan asupan makanan kaya zat besi dan mineral lainnya, reaksi metabolisme tubuh bisa berlangsung lebih cepat dan tubuh terhindar dari resiko insomnia

  • Meningkatkan asupan oksigen dengan olahraga teratur

Ketika peredaran darah dalam tubuh lancar, tubuh menjadi lebih sehat dan secara tidak langsung waktu istirahat menjadi lebih teratur. Anda bisa melakukan beragam jenis olahraga, seperti yoga, berenang, dan lainnya dalam waktu minimal 30 menit per hari.

  • Mandi air hangat

Untuk menghilangkan efek negatif insomnia secara perlahan, lakukan kebiasaan mandi air hangat setidaknya 30-60menit sebelum tidur malam. Kebiasaan ini akan membantu mengurangi ketegangan otot gerak dan mengurangi gejala stres fisik yang kadang dimiliki seseorang saat kelelahan.

Demikian semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat, dan semoga insomnia anda bisa segera sembuh.

TINGGALKAN KOMENTAR