Tips Menjalani Hubungan LDR

44

Tips Menjalani Hubungan LDR

       Saat ini tidak sedikit orang yang menjalani hubungan jarak jauh/ LDR. Menjalani hubungan jarak jauh memang sulit dan memberikan tantangan besar bagi pelakunya. Seringkali menjalani hubungan jarak jauh ini memiliki kendalanya tersendiri. Salah satunya yaitu menjadi renggang, salah paham dan seringnya bertengkar. Bahkan ada pula yang mulanya kangen-kangenan namun menjadi ajang bertengkar. Padahal seharusnya LDR tidak perlu menjadi kendala dalam menjalani hubungan yang sehat. Justru dapat mendorong untuk lebih kreatif dalam menjalani hubungan.

Tips Menjalani Hubungan LDR

Lalu, bagaimana saja cara untuk menjaga keromantisan hubungan jarak jauh, mari kita simak berikut ini:

  1. Rencanakan Masa Depan

Jangan pesimis terhadap hubungan jarak jauh yang tidak dapat berlanjut ke jenjang pernikahan. Meskipun jalan ini sulit, akan tetapi banyak juga pasangan yang telah berhasil melewatinya hingga akhirnya menikah. Banyak dari mereka mengatakan untuk dapat mampu melaluinya, diperlukan perencakan masa depan bersama-sama. Jangan pernah takut membicarakan masa depan bersama. Tujuan kedepan harus jelas, sehingga kalian berdua bisa sama-sama berjuang untuk mempertahankan hubungan dengan baik sekalipun harus LDR. Tak hanya cukup merencanakan saja, namun kalian juga berusaha mewujudkan angan-angan tersebut. Hubungan jarak jauh tidak akan bertahan selamanya. Kalian harus mulai membuat poin-poin tenting. Misalnya siapa yang akan rela pindah rumah dan resign dari pekerjaan, kapan kalian akan tinggal bersama-sama, bahkan siapa yang siap untuk jauh dari keluarganya. Untuk itu, bagi kamu yang sedang menjalani LDR ada baiknya juga merencanakan masa depan bersama-sama dengan pasangan agar hubungan kalian dapat berlanjut.

  1. Menjaga Komitmen Bersama

Sangat penting dalam menjalin hubungan saling memiliki komitmen. Katakan apa yang kalian tidak sukai dari pasangan dan buatlah komitmen serta katakan dalam hati apabila kalian akan menepati komitmen tersebut.

  1. Menjaga Komunikasi

Bagi pasangan LDR, kalian wajib untuk berkomunikasi setiap hari. Saat ini telah banyak alat komunikasi untuk menjalin hubungan bersama pasangan. Ada vidio chat, media sosial, sms, bbm dan masih banyak lagi yang dapat digunakan untuk menjaga komuikasi dengan pasangan yang jauh disana. Akan sangat keterlaluan jika hubungan LDR tidak dapat berjalan lancar hanya karna tidak dapat berkomunikasi secara langsung. Tanyakan kabar, cerita hari ini, ataupun masalah kerjaan. Cobalah menghubungi satu sama lain ketika memiliki masalah atau bingung menentukan pilihan. Dengan menjalin komunikasi dengannya, kamu juga akan terasa lebih dekat dan mengetahui aktivitas pasangan selama kamu jauh.

  1. Saling Percaya dan Dapat Dipercaya

Kepercayaan yang tinggi sangat penting dalam menjaga hubungan agar tetap awet dan langgeng. Bisa dikatakan kunci dari hubungan jarak jauh adalah saling percaya. Curiga itu wajar, karena kalian tidak saling melihat secara langsung kegiatan pasangan, dan juga sebaliknya janganlah bertingkah aneh yang dapat menimbulkan kecurigaan terhadap pasangan. Jangan suka menuduh yang tidak-tidak terhadap pasangan. Cobalah mendengarkan penjelasannya ketika kamu mencurigainya. Janganlah mengambil kesimpulan sendiri tanpa mengetahui kebenaran yang terjadi. Jangan mudah cemburu atau berpikiran jelek. Cobalah untuk berpikir positif dan grow up. Disamping itu jagalah kepercayaan pasangan pula yang telah memberi kepercayaan pada diri kamu. Jangan membohongi mereka tentang suatu hal. Berkatalah jujur, karena kalian akan merasa lega dibandingkan harus menutupi suatu permasalahan. Kejujuran ini juga menjadi aspek penting dalam menjalani hubungan jarak jauh.

  1. Luangkan Waktu Bertemu

Bagi pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh, waktu untuk bertemu merupakan suatu hal yang sangat ditunggu dan sangat perlu diperhatikan. Ketika memiliki waktu senggang, sempatkanlah mengunjungi pasangan. Jangan lupa mempertimbangkan soal waktu dan biaya. Yang pasti hubungan LDR mu tidak cukup dengan sms atau telepon saja. Memang dapat diakui menjalani hubungan jarak jauh atau LDR tidak mudah. Tapi bagaimana kamu dan pasangan dapat struggle. Ketika kamu dan pasangan mendapatkan permasalahan ditengah jalan dan dapat melaluinya, berarti kalian telah berada di level hubungan yang lebih tinggi. Yakinlah pada kekuatan cinta dan komItmen. Jangan pernah menyerah hanya karna omongan dari orang lain yang tidak merasakan secara langsung apa yang kalian rasakan. Yang pasti, semua akan lebih berharga setelah apa yang kalian perjuangkan dapat mencapai pada tahap yang kalian inginkan.