Trik Menjaga Kesehatan Mata

109

Trik Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu indra yang benar – benar sangat penting untuk seseorang, tapi terkadang ada banyak sekali orang yang kadang lupa dalam merawat kesehatan dari mata mereka. Nah jika mata sudah sakit maka anda tidak bisa melihat dan tidak bisa melihat keindahan dari dunia. Untuk itu sangat penting untuk menjaga kesehatan dari mata anda. Sebenarnya tidak bisa disalahkan juga kesehatan dari mata sangat dipengaruhi dengan usia. Nah jika usia anda sudah bertambah maka pengelihatan anda semakin lama semakin berkurang dan ini sudah pasti.

3-kesehatan-mata

Tapi, jika anda bisa merawat mata anda dengan jauh lebih baik maka mata anda akan jauh lebih sehat walaupun usia anda sudah bertambah. Nah berikut ini adalah beberapa tutorial kesehatan yang bisa anda lakukan untukmenjaga kesehatan anda dengan cara yang jauh lebih alami. Diantaranya adalah :

Hindari penggunaan kontak lensa selama 19 jam

Sangat disarankan untuk anda tidak menggunakan lensa kontak lebih dari ketentuannya sekitaran 19 jam. Karena ini akan menyebabkan kerusakan pada mata anda dengan cara yang permanen. Dan akan membuat mata anda menjadi tidak nyaman. Selain itu jangan juga menggunakan kacamata dalam waktu yang lama.

Kompres mata anda dengan menggunakan mentimun.

Gunakanlah mentimun untuk mengkompres bagian kelopak mata anda. Langkah ini adalah cara yang sangat mudah. Anda harus perlu meletakan irisan dari mentimun yang dingin pada bagian kelopak mata anda. Anda bisa melakukan kompres ini kurang lebih 10 menit sebelum anda akan tidur saat malam hari. Tujuannya adalah supaya mata anda tidak bengkak dan membuat mata anda menjadi lebih rileks.

Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan

Jangan lupa untuk mengkonsumsi banyak sayuran dan juga buah – buahan seperti wortel yang memiliki banyak kandungan betakaroten yang bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan dari mata anda. Wortel menjadi sangat baik untuk mata anda karena merupakan salah satu zat antioksidan yang bisa mengurangi resiko terjadinya degenerasi makula yang mungkin akan anda alami suatu hari nantinya.

Kurangi penggunaan tetes mata

Mungkin selama ini anda sangat sering menggunakan tetes mata karena mata kabur atau gatal. Menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata anda yang merah memang tidak ada salahnya.Tapi jika anda terlalu banyak menggunakannya maka ini akan merusak kesehatan dari mata anda sendiri.

Pakailah Kacamata hitam dengan perlindungan UV

Jika anda benar – benar ingin menjaga kesehatan mata anda, maka anda bisa menggunakan lensa yang berpolarisasi, jadi bukan hanya sekedar lensa yang gelap saja. Tapi usahakan untuk menggunakan kacamata hitam yang memiliki perlindungan UV yang memang sangat diperlukan untuk mengatasi paparan sinar matahari yang di siang hari secara berlebihan.

Lakukan latihan mata untuk bisa lebih santai

Mata sebenarnya juga memerlukan latihan, Anda bisa mencobanya dengan lebih memfokuskan mata anda pada satu objek yang lebih dekat dengan anda. Dan juga sebuah objek yang lebih jauh dari anda. Anda bisa melakukan proses ini dengan berkali – kali. Selain itu anda juga bisa melakukan cara yang lainnya, misalnya saat anda duduk tempatkan siku di pinggul anda, setelah itu tutup mata anda dengan menggunakan telapak tangan anda. Anda bisa menutup hingga kurang lebih 10 detik. Kemudian lepaskan telapak tangan anda selama 10 detik. Lakukan langkah ini secara berulang – ulang untuk membuat mata lebih rileks.