Cara Mudah Memeriksa Aplikasi Windows 10 yang Boros Baterai

52

Cara Mudah Memeriksa Aplikasi Windows 10 yang Boros Baterai

Pastinya sangat mengesalkan jika baterai tablet atau laptop kesayangan cepat habis, padahal pada saat itu sedang sangat dibutuhkan. Apakah Anda juga termasuk salah satu yang merasakannya? Lalu apakah sekarang ini Anda menggunakan gadget dengan dukungan Windows 10? Jika benar maka lebih baik saat ini luangkan waktu Anda sejenak untuk menemukan solusi mengatasi baterai gadget Windows 10 yang cepat habis di bawah ini.

Cara Mudah Memeriksa Aplikasi Windows 10 yang Boros Baterai
Cara Mudah Memeriksa Aplikasi Windows 10 yang Boros Baterai

Apakah Anda sudah mengetahui bahwa Windows 10 memang sudah dilengkapi fitur yang dimanfaatkan untuk menghemat daya baterai dengan mengurangi aktivitas aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang? Namun, fitur tersebut memang hanya akan berfungsi pada saat sudah diinstal di tablet maupun laptop yang menggunakan Windows 10 tentunya. Selain itu, fitur spesial ini dapat berfungsi di saat sebelumnya sudah diaktifkan tersebut dahulu. Oleh karena itu, Anda perlu mengaturnya menyala otomatis pada saat baterai mulai menurun hingga menyentuh ke persentase tertentu. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi berkali-kali mengulangi mengaktifkannya secara manual.

Bertugas Menonaktifkan Aktivitas Latar Belakang

Modus “Penghemat Baterai” dari Windows 10 pada dasarnya bertugas untuk menonaktifkan seluruh jenis aplikasi dengan aktivitas yang berjalan pada latar belakang. Bukan hanya itu, Windows 10 bahkan dilengkapi dengan built-in function yang bermanfaat memeriksa berapa banyak daya baterai yang sudah digunakan oleh masing-masing aplikasi.

Dengan adanya fungsi built-in ini sendiri Anda menjadi lebih mudah dalam mengetahui aplikasi apa yang menggunakan daya baterai paling banyak setiap harinya. Dengan begitu Anda bisa segera mengambil tindakan tepat ketika aplikasi terkait akan digunakan dalam kondisi tablet atau laptop yang sedang tidak di charge. Terutama ketika kondisi tidak memungkinkan untuk segera men-charge tablet maupun laptop Anda tersebut.

Sebagaimana diketahui, selama ini beberapa aplikasi yang  berhubungan dengan koneksi internet, mulai dari game online, sosial media hingga akun messanger merupakan aplikasi yang terkenal selalu banyak menghabiskan daya baterai. Padahal, hampir semua aplikasi tersebut sebenarnya penting bagi Anda dan tidak mungkin untuk dihapus begitu saja demi menghebat daya baterai dari gadget kesayangan Anda.

Memeriksa Penggunaan Daya Baterai Aplikasi

Setelah mengetahui beberapa penjelasan singkat mengenai modus penghemat baterai dari Windows 10, maka saat ini waktunya Anda mulai mencoba untuk menggunakannya. Dimana untuk melihat seberapa banyak daya baterai yang digunakan oleh aplikasi-aplikasi dalam tablet atau laptop Anda adalah sebagai berikut ini:

  • Langkah pertama yang arus dilakukan adalam mulai menjalankan System yang ada dalam menu Setting,

  • Dilanjutkan dengan memilih menu Battery Saver,

  • Masuk ke bagian Overview langsung klik Battery use,

  • Setelah Anda melakukan klik, akan muncul informasi detail mengenai daftar aplikasi yang dalam aktivitasnya di tablet atau laptop menggunakan baterai.

Dari hal tersebut Anda dapat melihat langsung aplikasi apa saja yang ternyata selama ini menjadi salah satu penyebab daya baterai tablet atau laptop Anda menjadi cepat habis. Tampilan akan berurutan mulai dari aplikasi paling banyak memakan baterai hingga yang paling sedikit.

Bukan sebatas bisa melihat berapa banyak daya baterai yang digunakan oleh masing-masing aplikasi. Di tampilan bagian atas daftar penggunaan aplikasi Anda juga dapat melihat bahwa pengaturan “Baterry Saver” dan “Backround Aplikasi” dapat Anda ubah sesuai keinginaan. Jika memang Anda berkeinginan untuk mengubah beberapa pengaturannya, sebagaimana pengaktifan otomatis yang disebutkan di atas, maka Anda dapat melakukannya melalui pilihan tersebut.