Cara Tetap Produktif Di Saat Merasa Cemas

12

   Ada beberapa alasan mengapa kita sering merasa cemas, tetapi dengan melakukan beberapa perubahan sederhana, kita bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi. Akhir – akhir ini, ada sesuatu yang harus kita lakukan. Apakah itu pekerjaan, tugas, olahraga, atau apapun yang sering kali kita kerjakan dapat menyebabkan kecemasan pada diri kita.

  Kecemasan dapat menyebabkan penundaan dan keterlambatan pekerjaan atapun kegiatan yang akan kita lakukan. Pada artikel kali ini, kami akan membagikan beberapa cara agar tetap produktif saat kita merasa cemas.

1. Tentukan Tujuan Yang Akan Dicapai

Tentukan Tujuan Yang Akan Dicapai

   Mungkin mudah untuk kita bisa memikirkan banyak hal yang perlu kita selesaikan pada setiap saat, dan kemudian kita menentukan dengan membuat daftar tugas yang akan kita kerjakan. Ini saja sudah cukup untuk menghilangkan kecemasan pada diri kita, dan menentukan tugas mana yang harus kita capai.

   Cara terbaik untuk menghindari ini adalah dengan cara menjaga agar daftar tugas kita tetap realistis dan dapat dicapai. Meskipun kita melakukan seminimal mungkin untuk menyelesaikan semua tugas kita, ini jauh lebih bermanfaat daripada kita mengerjakan seberapa banyak yang telah kita siapkan untuk dikerjakan. Pikirkan tentang berapa banyak waktu yang kita miliki, dan kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas, daripada hanya membuat daftar tugas sebanyak mungkin.

   Dan, jika kita telah melakukan dan menyelesaikan semua tugas kita selesai, kita masih bisa untuk menentukan pilihan untuk menyelesaikan lebih banyak tugas. Kita hanya mengambil langkah-langkah kecil dan menetapkan tujuan yang realistis sehingga dapat lebih membantu kita daripada yang Kita pikirkan. Ingat, Kita bukan manusia super, dan kemajuan yang lambat lebih baik daripada tidak ada kemajuan sama sekali.

2. Jauhkan Dari Handphone

Jauhkan Dari Handphone

   Handphone bisa jadi bermasalah karena sejumlah alasan. Kita mungkin merasa cemas, sadar diri, atau hanya sedikit kegalauan setelah melihat berita atau beranda yang ada di media social, dengan adanya perasaan ini dapat merusak hari – hari kita. Ini adalah perasaan yang umum, dan perasaan yang dapat kita hadapi dengan sangat mudah dengan tidak mengakses media sosial sepanjang hari.

   Selain itu, handphone sangat mengganggu, kita bisa katakana pada diri sendiri untuk beristirahat sebentar selama lima menit, dan hal berikutnya yang Kita tahu kita telah beristirahat selama setengah jam. Kita dapat mencapai ini dengan beberapa cara, termasuk meletakkan handphone kita di ruangan yang berbeda, mematikannya, sehingga kita tidak dapat mengaksesnya sampai pekerjaan kita selesai. Ini mungkin kedengarannya tidak menyenangkan, tetapi ini akan sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan.

3. Istirahat Secara Teratur

Istirahat Secara Teratur

   Katakanlah kita telah bekerja keras dan memaksakan diri selama berjam-jam bahkan seharian penuh, mencoba untuk menyelesaikan tugas kita secepat mungkin. Hal yang kita tahu, kita merasa lelah atau kewalahan, untuk itu kita bisa menghabiskan sisa hari untuk menghindari apa yang perlu kita lakukan.

   Terdengar akrab di telinga kita????? Beristirahatlah, mungkin kelihatannya istirahat hanyalah alasan untuk menunda-nunda, atau malas bekerja, ini sebenarnya bagus untuk menjadikannya konsentrasi dan motivasi pada diri kita. The Metode Pomodoro (managemen waktu) adalah cara yang bagus untuk tetap produktif . Ini melibatkan bekerja selama 25 menit, dan kemudian istirahat 5 menit, kemudian kerja-kemudian-santai yang berulang sehingga benar-benar dapat membantu kita tetap untuk termotivasi, dan dapat menyelesaikan setiap pekerjaan kita.

4. Atur Pernapasan

Atur Pernapasan

   Ini mungkin terdengar sedikit asing, akan tetapi bernapas dalam-dalam sebenarnya membantu untuk menjaga diri kita tetap tenang dan rileks. Jika kita mulai merasa cemas atau kelelahan saat bekerja, kitab isa meluangkan waktu 5 atau 10 menit untuk berlatih pernapasan dalam dan dapat benar-benar mengubah cara berpikir dan perasaan kita.

   Meskipun kita dapat membuatnya tetap sederhana, dan hanya bernapas perlahan dan dalam selama beberapa menit untuk bersantai, ada banyak metode pernapasan dalam yang dapat Kita ikuti. Tidak hanya ada pada sejumlah aplikasi di luar sana, kitab isa mencarinya di YouTube disana kita akan diberi akses ke ribuan video yang memandu kita untuk melakukan pernapasan dalam, Bahkan pencarian Google sederhana dapat membawa kita ke beberapa sumber yang menakjubkan.

5. Pikirkan Tentang Hasilnya

Tentukan Hasil

   Jika kita merasa cemas saat mencoba bekerja, mungkin sulit untuk terus bekerja. Itu bisa terasa seperti hambatan yang tidak pernah berakhir, dan itu bisa membunuh motivasi kita dengan cepat. Namun, akan sangat bermanfaat untuk kita memikirkan hasil akhirnya. Misalnya, jika kita berjuang untuk menyelesaikan esai itu, pikirkan saat-saat terakhir esai itu dikirim, dan jangan ragu. Jika Kita ingin pergi ke gym, pikirkan perasaan luar biasa yang kita dapatkan setelah berkeringat dan menyelesaikan latihan.

   Kita dapat menuliskan atau mengetik di aplikasi catatan kita dengan tepat apa artinya bagi kita saat tugas selesai, dan itu akan menjadi motivasi yang hebat, yang dapat Kita lihat kembali saat kita membutuhkan dorongan ekstra di lain waktu. Kita sering kali dapat menemukan motivasi yang tepat dalam diri kita jika kita meluangkan waktu untuk melakukannya.