Mode Fokus Fitur Baru Di Aplikasi Zoom

76

   Di masa pandemi sekarang ini banyak kegiatan yang dilakukan secara Online atau Daring untuk melangsungkan sebuah kegiatan, baik untuk bekerja maupun untuk kegiatan belajar mengajar secara online. Banyak aplikasi yang digunakan untuk melangsungkan kegiatan salah satunya Zoom, dan baru-baru ini Zoom meluncurkan fitur baru yaitu Mode Fokus.

  Di mana mode fokus ini memungkinkan siswa untuk lebih fokus dan mengalihkan perhatian mereka kepada siswa lainnya pada saat melakukan zoom, serta memungkinkan guru untuk mengawasi kelas online mereka, dan menghentikan siswa yang terganggu oleh video dari siswa lainnya. Karena disini guru yang mengatur dari mode fokus tersebut. Mode Focus telah hadir secara global baik untuk pengguna berbayar ataupun pengguna Zoom gratis.

   Mode fokus ini juga bisa digunakan berbagai keperluan seperti presentasi. Dimana fitur terbaru Zoom ini dapat digunakan oleh para peserta rapat untuk bisa fokus dalam memperhatikan presentasi online lewat Zoom.

Bagaimana Mode Fokus Zoom Bekerja???

   Saat mode fokus Zoom diaktifkan, siswa hanya dapat melihat guru mereka, dan bukan peserta atau siswa lainnya, ini beda dengan Zoom standar yang belum di aktifkan mode fokusnya. Sehingga siswa diharapkan akan fokus pada saat guru memberikan materi pembelajarannya.

   Mode Fokus ini sangat menguntungkan bagi para pengajar, dan juga siswa tetap bisa melihat video mereka sendiri seperti panggilan biasa, serta mereka masih dapat fokus untuk melihat gurunya secara personal, sehingga para siswa tidak akan malu-malu lagi jika akan bertanya secara langsung kepada gurunya, dan pada saat menyalakan kamera mereka sendiri.

   Untuk mengaktifkan mode Fokus, kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu di akun Zoomk kita. Buka Pengaturan dan temukan di bagian Rapat (mungkin di bawah Akun atau Manajemen Grup untuk akun grup). Kemudian, saat Anda memulai panggilan baru, aktifkan mode dari tombol Lainnya. Dan saat Mode focus diaktifkan akan muncul pemberitahuan di bagian kiri atas.

   Dengan adanya fitur baru ini, akan sangat bagus untuk menunjang kinerja dari guru maupun siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online. Terlebih dimana keadaan saat ini Virus COVID – 19 masih tinggi dan belum bisa untuk melaksanakan kegiatan secara tatap muka.