Tips Cara Menghilangkan Noda MakeUp Wajah Membandel Dari Tempat Tidur

52

Tips Cara Menghilangkan Noda MakeUp Wajah Membandel Dari Tempat Tidur

    Tips yang sederhana ini akan menghilangkan noda makeup atau bedak dari seprai dan sarung bantal.

     Kita semua pernah melakukannya saat kita pergi tidur sebelumnya, kita belum melepas atau mencuci riasan atau makeup dari wajah kita. Seperti kita ketahui banyak noda, baik noda riasan mata, alas bedak dan lipstik noda itu bisa sulit dihilangkan dari kain, dan terkadang pembilasan cepat melalui mesin cuci saja tidak akan cukup.

   Tetapi sebelum anda menanggalkan tempat tidur dan membuang seprei favorit anda karena terkena noda atau bercak, cobalah trik sederhana melawan noda ini. Apakah riasan anda berbahan dasar minyak atau bubuk, tips pembersihan ini akan menghilangkan noda membandel dalam waktu singkat.

Kenali Jenis Noda

  Langkah pertama mungkin sudah jelas, seberapa penting dan efisien anda bisa menghilangkan noda. Anda harus tahu apa yang anda hadapi. Apakah noda dari lipstik berbahan dasar minyak? Berbahan dasar bubuk kan? Apakah seprai anda terbuat dari campuran katun atau sesuatu yang lebih halus (seperti sutra)?

   Semua pertanyaan ini penting untuk dijawab sebelum anda mulai menuangkan campuran larutan ke tempat tidur anda karena pelarut pembersih yang berbeda bekerja lebih baik pada noda dan kain tertentu.

(Panduan: Mulai proses pembersihan segera! Semakin tua noda, semakin menempel pada kain dan semakin sulit dihilangkan.)

Buang Kelebihannya

  Ini merupakan langkah tercepat dari proses ini, tetapi penting untuk tidak melewatkannya. Dengan menggunakan sendok atau pisau mentega, gosok perlahan noda untuk menghilangkan kelebihan yang mungkin menempel di tempat tidur anda. Proses ini tidak hanya membuat noda lebih kecil, tetapi juga bisa mencegah kelebihan menyebar setelah anda menuangkan cairan pelarut pada noda. Anda juga dapat menghapus noda dengan handuk kertas basah sebelum anda mumulainya.

     Di bawah ini, saya merinci metode dan solusi mana yang terbaik untuk setiap jenis noda riasan atau makeup. Saya sangat merekomendasikan untuk menguji solusi terlebih dahulu pada bagian kecil yang tidak terlalu mencolok seperti bagian sudut untuk memastikan solusi tidak akan merusak atau meninggalkan bekas di tempat tidur anda.

1. Menghapus lipstik

      Kebanyakan lipstik berbahan dasar minyak, yang berarti anda memerlukan solusi untuk memotong dasar minyak tersebut. Campuran deterjen piring dan air hangat bisa digunakan, tetapi alkohol isopropil adalah yang paling efektif untuk menghilangkan noda lipstik tersebut.

      Cukup rendam bola kapas dalam alkohol isopropil dan oleskan pada noda dengan lembut. Proses ini bekerja paling baik dengan bola kapas segar jadi jangan takut untuk menggunakan beberapa kali. Pigmen merah atau merah muda akan mulai memudar saat Anda mengulangi prosesnya.

2. Menghapus foundation cair

     Alas bedak atau makeup mungkin merupakan noda riasan paling umum yang ditemukan di tempat tidur. Untungnya, ada beberapa solusi pembersihan yang efektif untuk mengatasi noda alas bedak. Larutan hidrogen peroksida 3% adalah salah satu pilihan terbaik anda. Setelah menerapkan, lakukan solusi ke dalam kain dengan sikat gigi bersih.

       Barang rumah tangga umum lainnya yang secara mengejutkan bekerja dengan baik adalah krim cukur. Oleskan krim cukur ke area yang bernoda dan diamkan selama tiga hingga lima menit sebelum mengoleskannya dengan lembut menggunakan kain bersih dan lembab. Bilas dengan air dingin dan ulangi sesuai kebutuhan.

3. Menghapus eyeliner dan maskara

       Deterjen pencuci piring adalah pilihan yang paling tepat untuk menghilangkan eyeliner dan maskara dari alas tidur. Cukup campurkan beberapa tetes (hingga satu sendok makan) deterjen pelawan lemak dengan 2 gelas air hangat, celupkan kain bersih ke dalam larutan dan usap perlahan noda hingga mulai terangkat dari kain. Pastikan anda menghapusnya dengan hati-hati dari pada menggosok untuk menghindari penyebaran noda. Bilas dan ulangi sesuai kebutuhan.

4. Menghapus riasan

      Dari eyeshadow hingga blush on, ada beberapa riasan berbahan dasar bedak yang sayangnya bisa mengolesi tempat tidur anda. Noda riasan bedak paling baik ditangani dengan deterjen cair murni. Cukup oleskan deterjen langsung ke noda dan diamkan selama minimal 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

5. Cuci tempat tidur anda

        Setelah anda menerapkan solusi dan memberikan waktu yang cukup untuk campuran bekerja ke noda, bersihkan tempat tidur anda di mesin cuci seperti biasa. Masukkan seprai ke dalam pengering hanya jika seluruh noda telah dihilangkan setelah siklus selesai. Panas dari pengering sebenarnya dapat menyebabkan noda lebih menempel, sehingga noda akan lebih sulit dihilangkan untuk selamanya. Jika tidak, biarkan tempat tidur anda mengering.

( Ingin tips pembersihan lainnya? Pelajari tentang cara paling hemat energi untuk mencuci pakaian Anda )