Nilai Nggak Naik-Naik? Simak 8 Tips Mengubah Nilai Dengan Belajar Yang Benar

63

8 Tips Mengubah Nilai Dengan Belajar Yang Benar

Mempunyai kebiasaan buruk yang pemalas? Susah untuk belajar? Nah, disini akan dishare apa saja yang perlu dilakukan untuk mengubah nilai menjadi sedikit naik atau bahkan menaik drastis.

  1. Mencari Orang Yang Bisa Disegani

          Cara ini biasanya cukup berhasil karena Anda mempunyai alasan untuk belajar. Misalnya, guru dan orang tua.

  1. Membuat Target Berapa Jam Belajar

          Anda harus membuat target berapa lama untuk belajar hari ini. Misalnya target untuk seminggu kedepan dan target ini harus dilakukan, maka bisa menggunakan sistem Reward dan hukuman. Untuk hukuman bisa dilakukan dengan cara work out sesuai beberapa menit sisa jam dari target. Contohnya, untuk target satu jam maka 30 menit untuk belajar dan 30 menit untuk work out. Dengan cara ini bisa membuat Anda disiplin dan sehat. Sedangkan untuk Reward bisa dilakukan dengan membeli barang-barang kecil atau snack jajanan sebagai apresiasi diri sendiri.

  1. Buatlah Plan Yang Akan Dipelajari

Cara ini mencegah hal-hal terlewat yang akan Anda pelajari. Contoh plannya adalah untuk hari ini Anda belajar Matematika dengan menonton video di YouTube kemudian kerjakan latian soal. Lalu untuk hari berikutnya Anda bisa mempelajari mata pelajaran yang lain.

  1. Merangkum Hal-Hal Penting

          Dengan cara merangkum ini cukup efektif, karena selain mendapatkan catatan singkat setiap Bab, Anda juga secara otomatis mulai memahami materi tersebut. Merangkum ini dapat dilakukan dengan menuliskan hal hal yang penting dari materi.

  1. Mencoba Latian Soal

          Usahakan jika Anda selesai belajar,maka yang dilakukan selanjutnya adalah latihan mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi tersebut. Latian soal ini cukup efektif bagi Anda tetapi dengan syarat sebelumya sudah membaca dan memahami materi. Untuk soalnya, Anda dapat melihat di website-website atau dari buku nya langsung.

  1. Mencari Motivasi Dan Dukungan

          Dengan motivasi dan dukungan dapat menumbuhkan rasa untuk belajar yang tinggi sehingga Anda terbantu untuk melakukannya. Orang utama yang Anda cari untuk memberikan motivasi dan dukungan adalah orang yang disekitar, misalnya orang tua, guru, teman, dan keluarga. Atau bahkan bisa mencari orang yang sekiranya menurut Anda sangat “hebat”. Contohnya ada beberapa motivator Indonesia seperti Mario Teguh, Najwa Shihab dan Merry Riana.

  1. Aktif Ketika Di Kelas

          Jika sedang dikelas, sebaiknya Anda aktif melakukan tanya jawab dengan guru atau pengajar sehingga dapat menambah ilmu dan wawasan terkait materi tersebut.

  1. Memperbanyak Cara Belajar

          Dengan cara ini dapat mencegah Anda merasakan bosan dan malas dalam belajar dan dapat dilakukan dengan memberi variasi saat belajar. Contohnya dalam hari ini dan esok berbeda cara belajarnya.